New Hobby: Postcrossing

Gue lagi punya hobi baru!

Apakah itu?

Jeng jeng jeng jeng….. NGIRIM KARTU POS. :mrgreen:

Gue baru saja join Postcrossing. Ada yang sudah pernah dengar?

Postcrossing

Mengutip dari wikipedia:

Postcrossing adalah sebuah proyek online yang memungkinkan para anggotanya untuk mengirim dan menerima kartu pos yang nyata dari seluruh dunia. Tagline proyek ini adalah “Send a postcard and receive a postcard back from a random person somewhere in the world! (Mengirim kartu pos dan menerima kartu pos kembali dari seseorang secara acak di suatu tempat di dunia!)”

Hobi gue berawal saat gue kerumah Opat sekitar akhir tahun lalu, dimana gue melihat ada 1 buntelan isinya buanyak postcard dari seluruh dunia. Gue liatin satu-satu gambar postcard yang diterima si Opat. Kebanyakan bergambar pemandangan negara si pengirim.

The charming parts, selain kartu pos bergambar unik adalah perangko dari seluruh dunia… Dan juga it’s HAND-WRITTEN! Alias ditulis tangan. Kalau dipikir-pikir kapan terakhir kali kita baca surat dengan tulisan tangan? Selalu ada keunikan tersendiri melihat tulisan tangan orang yang berbeda-beda.

Lalu lalu mereka (si pengirim kartu pos ini) menuliskan suatu hal random. Entah tentang gambar kartu posnya, entah tentang dirinya sendiri, atau negaranya. Whoaaa… Keyenn… 😯

BAIKLAH GUE TERTARIK JOIN!!

Saat pertama join di Postcrossing, gue punya limit mengirimkan 5 kartu pos ke 5 alamat yang gue request. 5 kartu pos pertama yang akan gue kirimkan adalah ke alamat di negara : Russia, Belanda, USA, Taiwan dan Australia. 5 alamat tersebut di dapat dari hasil random generate. Keluarlah alamat dan semacam Postcard ID yang wajib ditulis di Postcardnya.

Gue pun membeli 5 kartu pos bergambar Temple dari Pulau Bali yang gue temukan di Toko Buku Times. Kartu pos murah-murah saja, hanya sekitar Rp. 3.500/each.

kartupos pertama

Ini Kartu Pos yang dikirimkan ke 5 Penerima pertama gue 😀

Gue pun menuliskan hal-hal random yang ada di kepala gue untuk masing-masing orang itu. Ya lagi mood nulis apa ya gue tulis.

Ada yang gue ceritakan soal gambar kartu pos, tentang Bali, ada yang gue ceritakan gue nulis postcardnya sambil kegerahan dan pengen banget ke Russia yang dingin, dll…

Dan gue rasa Kementerian Pariwisata harus berterima kasih kepada gue karena gue sudah menjadi Unofficial Tourism Ambassador mempromosikan Bali, Yogyakarta, dan kota-kota Indonesia lainnya (sesuai dengan gambar pemandangan kartu pos yang gue beli hahahaha). MANTAP!

Dan gue pun gak lupa untuk menuliskan ID Postcard yang gue kasih tau sebelumnya diatas. ID Postcard ini berguna saat si penerima kartu lapor ke Postcrossing.com bahwa dia sudah terima kartu pos dari kamu. And then, setelah kartu pos resmi diterima, kamu pun berhak mendapatkan kartu pos dari seseorang. Ibaratnya, alamat rumahmu akan dimasukkan ke random system untuk siapapun yang sedang generate alamat.

(halah, bahasa gue agak rebet deh…. Udeh deh langsung aja ke Postcrossingnya! Hahahaha)

Untuk perangkonya, setelah gue bertanya ke Senior Postcrosser Opat dia bilang Cuma Rp. 5.000,-. Nah kalau dipikir-pikir hobi ini Murah Meriah kan. Postcardnya cuma Rp. 3.500 kirimnya juga ga mahal-mahal amatan. Ya bolehlah ceban kalo mau lebih cepet.

5 postcard itu saat ini sudah berhasil diterima. Dengan selamat sentausa. Meskipun nasib dari postcard itu berbeda. Iya, masa traveling postcard ke Australia masa lebih lama dari yang ke Belanda?

Dan gue merasakan kegembiraan saat dapat email notifikasi dari Postcrossing ke email gue..

IDpostcard

Email Notifikasi Bahwa Postcard dengan ID Postcard sekian sudah diterima! ^^ Bahkan si penerima ngirimin message jugaaa 😀

Damn, dengan begitu aja gue seneng… apalagi si penerima menuliskan pesan ke gue.

Dan AKHIRNYA GUE MENERIMA POSTCARD PERTAMA GUE!!

Si pengirim bernama Dasha dari Belarusia. Whoa, negaranya aja gue bener2 jarang denger.

01_Postcard From Belarusia

Kartu Pos Pertama yang diterima Destiiiii.... Yayyy! Bergambar sebuah kastil di Belarusia.

Bag Belakang Kartu Pos Pertama

Ini dia bagian belakangnya.. Dasha ngasih tau bahwa gambar kastilnya beneran ada di Nesvis, Belarusia.

Senang deh. Dan bener aja ya, ngefek banget ke gue tiap hari pulang kantor gue menanyakan apakah ada kiriman kartu pos? Hihihi..

Sosok Pak Pos, yang kini agak terlupakan akibat kemajuan teknologi, menjadi sosok yang paling dinanti oleh Postcrosser-postcrosser seperti gue.. Ah, postman, stamp, hand-writing letter/postcard.. Those old stuffs are coming back thanks to Postcrossing! 🙂

Semoga kartu pos yang sedang menuju rumah gue gak pake nyasar, semoga selamat sentausa dan cepet datengnya.. Please…

Tertarik join? Just go to http://www.postcrossing.com!

HAPPY POSTCROSSING! 🙂

32 thoughts on “New Hobby: Postcrossing

    • Coba aja langsung ke http://www.postcrossing.com. 🙂

      Kamu tinggal daftar aja jadi membernya dan bisa langsung generate alamat di menu Send Postcard. Tapi aku sarankan sebelum generate alamatnya kamu udah persiapkan kartu pos 5 buah dan sudah siap kirim esokan harinya. Karena begitu kamu generate alamat dia sudah dihitung “Travelling”. Masa travelling ini ada tanggal kadaluarsanya. Kalau udah lebih dari 60 hari (kalo ga salah :p ) dia akan dianggap expired.
      Kan sayang kalo kita udah generate sekarang, baru kirimnya 2 hari lagi atau minggu depan 😀

      Seruu lhoo ini.. Iya, masa berharap kartu pos-kartu pos lucu lainnya tiba dirumah ku… :mrgreen:

    • hahahha.. waktu SD malah gak sempet ikutan sahabat pena.. 😀

      ngga kok, sebagaimana yang saya jelaskan.. untuk postcardnya aja sekitar p. 3.500 kalau kamu beli Toko Buku Besar macam Times, Periplus, dll.. Untuk perangkonya sendiri saya pakai perangko Rp. 5.000 untuk seluruh benua.. sebulan nyisihin Rp. 50.000,- lah.

      ayooo ayoo sign up! sekarang diriku sudah terima 4 postcard dari Belarus (yg di postingan ini), terus kemarin terima dari malaysia dan hari ini terima dari Jepang dan Jerman! yayy… *joget2*

    • Iya mas, belinya 5 aja dulu… karena kita baru dikasih limit 5 pas jadi newbie.. seruu lhoo … 😀 apalagi pas dikasih tau postcard yang kita kirim di bumi belahan lain sudah diterima atau tiba-tiba kita dapat kiriman kartu dari negara nun jauh disana… :mrgreen:

      • aku ingat jaman SMP dulu…kawanku ikutan program korespondensi dari luar negeri gitu (namanya dah lupa…)..trus dia dapat kawan cwek dari Prancis…kemudian saling tukar kartu pos dech…aku juga senang sekali waktu itu….karena kawanku ini selalu memberitahuku kalo dapat kartu pos dari Prancis….
        #kenanganSMP

      • aku jadi inget jaman SMP dulu….waktu itu kawan dekatku ikut program korespondensi dari LN…seingat aku pada form yang harus diisi kita diminta menulis negara mana yang ingin kita pilih sebagai sahabat pena kita…..nah kebeneran kawanku itu memilih Prancis sebagai negaranya…..waktu pertama dapat postcard dari sana …waduhh senengnya minta ampun dan aku orang pertama yang dikasih tahu ama dia 🙂 aku juga jadi ikut senang kyk gimana gitu…ndeso banget dech….gag kebayang aja…teman dari belahan dunia mana bisa menjadi sahabat kita… 🙂
        oh ya…sahabat aku ini sekarang jadi wartawan lho Dess … 😀

        koch jadi panjang gini ya komennya….soalnya post nya mmg mengingatkan aku sich saat msh pake seragam putih biru… 🙂
        ok…sukses slalu ya Dess !

  1. waw! awalnya dikasih tau ama temen. eh, kok kayaknya seru. lagian, kantor pos dan toko buku times jadi satu di perpus ui. and, well. ga ada kata males buat ngirim postcard. hehehe.

  2. Yulia Yusnia says:

    Miss Destiana…gw tertarik join di postcrossing sudah ikutan gabung di situ,kirim post card nya lewat kantor pos aja kan ? tapi yang bingung cari” kartu pos nya dimana ya ? kayak nya di balikpapan sudah jarang yg jual kartu pos hiikkkss 😦
    sampai sekarang sudah berapa bnyk post card yg lo dapetin ?

    • iya lewat kantor pos dong, kalo lewat email jadinya e-card 😆
      kartu pos bisa dicari di toko2 buku terdekat, aku sih lebih suka beli di toko buku Times atau Periplus karena gambarnya lebih bagus.. tp kalau mau di Gramedia juga ada sih. atau cobalah cari di toko2 souvenir di kota kamu juga biasanya ada.. 🙂

  3. Hi mau tanya aku udah kirim kartu pos dari alamat2 yg aku dapet. Untuk yg bakalan aku terima kita bisa tau ga sih dapet darimana? buka profilenya gt.. Liatnya gmn yaa? Atau tinggal nunggu aja tiba2 dateng dirumah? Makasihh

Eh.. Eh.. Tulis Komen-nya Dulu Dong..

